Sebuah Panduan Praktis di mana akan membantu anda melaunching Start-Up dalam 90 Hari

Anda Akan Belajar :

30 hari pertama : Validate

Melakukan validasi atau pengujian produk startup adalah hal krusial yang idealnya harus pertama kali dilakukan.

Singkatnya, validasi di awal fase pembangunan sebuah startup dapat meminimalisir kegagalan, menghemat waktu dan materi, serta membantu menemukan masalah sejak dini.

30 hari Kedua: Development & Go To Market

Tahapan berikutnya adalah mulai membangun apa yang telah menjadi mimpi Anda. Setelah tahap Validasi dilewati, mulailah dalam pembangunan produk sampai menjadi prototype atau biasa disebut dengan MVP (Minimum Viable Product).

Waktu sangat menentukan kesuksesan sebuah produk. Bisa dibayangkan jika ternyata proses development Anda memakan waktu sampai dengan 1 tahun.

Berapa banyak biaya dan tenaga yang sudah Anda habiskan selama kurun waktu tersebut.

30 hari Ketiga : Funding

Pendanaan merupakan salah satu yang paling penting dalam urusan startup ini. Ada juga startup yang melakukan pendanaan sendiri dan berhasil.

Tapi ada juga startup yang memang dalam perencanaan dan eksekusinya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai BEP (Break Even Point).

Untuk mendapatkan funding ini Anda harus mempunyai pitch deck atau investment proposal yang bisa ditujukan kepada relasi, keluarga, VC (Venture Capital), ataupun pihak-pihak lainnya. Pitch deck ini berisikan rangkuman tentang apa yang Anda kerjakan di dalam startup dan bagaimana prospeknya di masa depan.

* indicates required